How to Config VPN on MikroTik

Assalamualaikum wr.wb., 
Jumpa lagi kawan :D kali ini izinkan saya sedikit berbagi tentang VPN 

Hasil gambar untuk vpn text

A. Pengertian 
VPN adalah Virtual Private Network dimana VPN ini merupakan interkoneksi antar jaringan ( PC Client to LAN maupun LAN to LAN ) yang mana interkoneksi ini melalui jaringan Public ( Internet ) sehingga dengan VPN ini terjadi koneksi terselubung alias lorong atau Tunneling Connection sehingga data yang di akses ( data yang di kirim dan di terima ) benar-benar aman.



B. Latar Belakang 
Untuk mempermudah mengelola jaringan dengan skala yang lebih luas tersebut maka jaringan (network) itu harus dipisahkan menjadi beberapa jaringan kecil. Mengatur beberapa jaringan kecil yang penghuninya hanya puluhan host tentu akan lebih mudah dari pada mengatur sebuah jaringan besar yang berisi ratusan bahkan ratusan/ribuan host. Dalam proposal ini, Teknik memisahkan jaringan ini dapat diimplementasikan untuk jaringan local antar kota atau dengan kata lain jaringan Metro Lan antar gedung, penerapan metrolan bersamaan dengan penerapan protokol Virtual Private Network (VPN).

C. Maksud & Tujuan 
Maksud & Tujuan saya menulis artikel ini untuk berbagi pemahaman serta cara konfigurasi VPN di MikroTik  

D. Alat & Bahan 
PC 
Winbox
MikroTik RB941
Server
Koneksi Internet 

E. Jangka Waktu Pelaksanaan 
Waktu yang saya butuhkan untuk melakukan konfigurasi VPN ini kurang lebih 45 Menit 

F. Tahap Pelaksanaan 

-Pertama kita buka winbox dan masuk ke MikroTik , konek dengan menggunakan hotspot ataupun kabel terserah kalian ,tapi disini saya menggunakan hotspot dari MikroTik
-Setelah itu kita klik menu PPP

-Kemudian ke PPP Servers , kita Enabled lalu Apply dan OK


-Selanjutnya kita pindah ke menu IP --> Pool

-klik tanda + lalu kita masukkan nama dan range IP yang akan kita gunakan untuk host yang akan terhubung ke VPN
 

-jika sudah kita kembali ke menu PPP --> Profile
--> isikan nama profile
-->Local Address = isikan IP gateway dari IP range yang kita buat di ip pool tadi
-->Remote Address = isikan nama dari ip pool yang tadi kita buat
-->DNS Server = disini saya isikan DNS telkom ,bisa saja diisikan ip google


- di menu Secret kita akan membuat user dan password
-->isikan username
-->isikan password
-->Service kita isikan nama profile yang akan digunakan



-sekarang kita konfigurasi VPN connection di client
-buat koneksi baru





-gateway kita isikan ip mikrotik yang digunakan untuk internet ,biasanya ether1



-sekarang kita coba konek ke wifi yang berada satu jaringan dengan jaring kita , disini saya konek ke hotspot BLC Telkom1 lalu saya aktifkan VPN Connection saya



-setelah itu coba masuk terminal dan remote server


-lalu coba masuk ke google untuk meihat apakah kita sudah terkoneksi ke internet apa belum
-dan konfigurasi VPN pun Berhasil :D 

 
G. Kesimpulan
 Dengan VPN kita bisa konek ke jaringan yang masih satu jaringan dengan server kita sehingga kita bisa meremote server dari manapun

H. Referensi 
Step by Step membangun VPN Server dgn-Mikrotik(1).pdf

Sekian yang bisa saya sampaikan , kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb.,
 

Komentar

Postingan Populer