konfigurasi dasar mikrotik



Assalamualaikum wr.wb., siang ini saya akan membagikan ilmu baru saya yaitu konfigurasi dasar mikrotik ,karena saya masih baru dengan dunia mikrotik maka dari itu saya mohon maaf jika masih banyak salah dalam hal baik itu penulisan maupun konfigurasinya
...

  1. Pengertian
Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. 

Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan  untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun
Sejarah
Pada tahun1996 Jhon dan Arnis memulai dengan sistem linux dan MS DOS yang dikombinasikn dengan teknologi wireless LAN ( W-LAN ) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova . Barulah kemudian melayani lima pelangganya di Latvia ,karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan keseluruh dunia . Prinsip dasar mikrotik bukan membuat wireless ISP ,tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini mikrotik telah melayani sekitar empat ratusan pelangganya .
Linux yang mereka gunakan pertama kali adala kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama sama dengan bantuan 5-15 orang staff R&D . MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara negara berkembang .


  1. Latar belakang
    Hal yang melatar belakangi saya membuat tulisan ini adalah karena saya ingin lebih tahu dan ingin berbagi tentang konfigurasi dasar mikrotik.

  2. Tujuan
    Tujuan saya menulis tentang konfigurasi hotspot mikrotik ini adalah ingin berbagi kepada pembaca sekalian tentang salah satu ilmu yang baru saya dapat di BLC TELKOM KLATEN .

  3. Alat dan bahan
  • MikroTik RB 941
  • PC
  • Kabel lan
  • Koneksi Internet
  1. Jangka waktu pelaksanaan
    20 menit


  2. Tahap pelaksanaan
1. setting IP adrress pada ethernet pc sejalur dengan ip default mikrotik ,disini saya menggunakan 192.168.88.2

2. Buka Winbox pastican mac address mikrotik sudah terdeteksi lalu connect


3. jika ada pilihan remove configuration klik OK ,lalu reconnect
masuuk menu system kemudian pilih identity , atur identitas mikrotik anda agar mudah dikenali lalu apply OK

4. Masuk menu interface kemudian tandai ether anda untuk apa fungsi ether tersebut , disini ether1 saya fungsikan sebgai sumber internet dan ether2 untuk dhcp

5. klik menu IP lalu addresses , isikan ip yang akan digunakan untuk setiap ether,
sumber internet saya isikan ip 10.11.12.20/24 dan ether2 192.168.1.10/28
jangan lupa setiap mengisikan ip address prefixnya harus diikutsertakan

6. masuk ke menu DNS isikan DNS anda dan jangan lupa checklist Allow remote request agar client bisa mendapatkan DNS secara otomatis
DNS saya disini adalah DNS Nawala dari blc telkom tempat prakerin saya yaitu 202.134.1.10 dan 202.134.0.155

7. masih di menu IP kita berpindah ke routes ,klik tanda + lalu pada gateway isikan gateway untuk internet . gateway saya 10.11.12.13

8. tetep di menu IP yaa ,kita klik Firewall laluu di menu NAT kita klik tanda +
,general -chain = srcnat , outinterface = ether1 . Action = masquerade .
Out interface diarahkan ke ether yang menuju internet
apply ok 
 

9. setelah semua di setting kita buka terminal lalu ping 8.8.8.8 dan ping google.com untuk memastikan jika mikrotik kita sudah konek ke internet

10. jika mikrotik sudah kita pastikan connect ke internet sekarang kita atur dhcp server di ether2 agar pc bisa mendapatkan ip secara otomatis
klik dhcp setup lalu arahkan ether yang akan kita fungsikan sebagai dhcp ,sesuai dengan settingan awal saya akan arahakan ether2 sebagai dhcp ,tinggal next next saja sampai success.


 
11. setelah dhcp kita setting arahkan koneksi pc ke ethernet yang ipnya menggunakan ip dhcp (automatic) , buka terminal pc lalu ping google dan pastikan pc kita sudah konnect ke internet .
Jika masih belum konek cek ip pc kita apakah sudah mendapatkan ip otomatis atau belum dengan cara kettikkan ifconfig di terminal





  1. Hasil
    hasil akhirnya akan seperti dibawah ini , PC client yang di dhcp sudah bisa mengakses internet 
     
  2. Referensi

    seperti ini saja yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan , apabila masih belum bisa connect internet silahkan baca-baca referensi yang lainya , budayakan membaca sebelum bertanya kawann ,,,

    Wassalmaualikum warahmatullahiwabarakatuh .. 

Komentar

Postingan Populer